Covid-19: Gejala, penyebaran, penanganan, pengobatan dan penyembuhan di tengah kasus global menembus 31 juta

 

 

 

Jumlah kasus positif virus corona di seluruh dunia mencapai lebih dari 31 juta dengan angka kematian lebih dari 971.000 sampai Rabu (23/09), menurut data dari Johns Hopkins University.

Indonesia mencatat kasus tertinggi dalam periode 24 jam pada Rabu (23/09) dengan kasus positif naik 4.465 dengan total kasus mencapai 257.388 dan jumlah orang meninggal bertambah 140, dan jumlah total sejauh ini 9.977.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, diperlukan waktu dua tahun untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Secara global, kasus total di Amerika Serikat tertinggi dengan 6,8 juta, diikuti oleh India dengan 5,6 juta kasus dan Brasil dengan 4,5 juta kasus.

Seperti apa gejala serta penyebaran penyakit ini dan bagaimana upaya penyembuhannya?

BBC Indonesia merangkum penjelasan para ahli dan dokter seputar wabah Covid-19.

Bagaimana gejala Covid-19

 

Gejala virus corona dimulai dengan batuk kering dan diikuti dengan gangguan pernapasan.

Batuk ini adalah batuk yang terus menerus selama lebih dari satu jam, atau mengalami batuk rejan selama tiga kali dalam periode 24 jam.

Biasanya butuh lima hari secara rata-rata hingga timbulnya gejala, kata para ilmuwan, namun bagi sebagian orang gejalanya lebih lambat terjadi.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO mengatakan masa inkubasi Covid bisa sampai sekitar 14 hari.

Ada tiga gejala utama virus corona, kalau Anda mengalami salah satu dari gejala ini, Anda harus menjalani tes.

  • Batuk yang baru dan terus menerus – batuk yang sering selama lebih dari satu jam, atau mengalami tiga atau lebih periode batuk dalam waktu 24 jam.
  • Demam – suhu di atas 37.8C
  • Perubahan dalam indra penciuman atau indra perasa – dapat berupa tidak bisa merasakan atau mencium apapun, serta rasa yang dialami ini berbeda dari kondisi normal

James Gallagher, koresponden kesehatan dan sains BBC melaporkan, Pusat Kesehatan Masyarakat Inggris menyebut sekitar 85% orang dengan Covid akan memiliki setidaknya satu dari tiga gejala utama itu

Jika Anda mengalaminya, Anda disarankan untuk melakukan tes sesegera mungkin dan hanya meninggalkan rumah untuk menjalani tes.

Siapa pun yang tinggal dengan Anda, atau yang merupakan kelompok terdekat Anda, harus tinggal di rumah sampai Anda mendapatkan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *